Tuesday, February 11, 2014

temulawak

Standard
selamat pagii...!!!
cuaca pagi ini bikin susah move on dari kasur *ngulet*

gue mau cerita tentang jamu-jamuan :D

jadi gini udah 5 bulanan ini gue mengkomsumsi jamu temulawak. iya gue sehari minum jamu dua kali. gara-garanya ya karna gue sakit TB. udah kayak minum susu aja ya?? :D

emang ada gitu hubungannya TB sama temulawak?

oke, gue ceritain dari awal. 6 bulan yang lalu gue sakit batuk, gue kira gue sakit batuk biasa, jadi gue cuma ngobatin dengan cara biasa aja. tapi tanggal 1 agustus pas gue mau sholat subuh. gue batuk sambil berdarah-darah. dan ternyata setelah gue di bawa di rumah sakit, dokter bilang gue kena TBC. gue yang nggak pernah liat darah sebegitu banyaknya ya jelas shock lah. gue kaget, kenapa gue bisa sakit separah itu. gue nggak tahu ketularan siapa, nyokap dulu waktu gue masih kecil sempet sakit kayak gitu juga. tapi udah tuntas pengobatan. (FYI : TBC bukan penyakit turunan, tapi penyakit menular). di daerah rumah gue emang lagi banyak juga orang yang kena sakit TB. di sekolahan depan tempat gue kerja juga ada murid yang kena TB, dan mereka sering main ke tempat gue. 

setelah gue pengobatan 4 hari. badan gue mulai jadi agak aneh, di sekujur badan gue gatel semua. merah-merah dan rasanya panas banget kayak kebakar. gue pikir karna gue jarang mandi selama di rawat di RS cuma seka aja. tapi lama-lama gue nggak tahan. kata suster ternyata gue alergi obat. dan alerginya nggak cuma gitu doang. tapi gue kena hepatitis (liver gue nggak kuat sama reaksi obat TB). yang menurut gue penderitaan ini lebih menyakitkan daripada muntahin darah sebegitu banyaknya. karna gue harus muntah setiap saat, dengan keadaan perut kosong. jadi gue cuma muntah angin doang. perut dan badan gue sakitnya minta ampun dan gue nggak bisa makan dan minum. sebenernya gue laper tapi perut gue bener-bener nggak bisa nerima apapun buat masuk. ngeliat suster nganter makan baru masuk pintu aja gue udah muntah. nggak ngerti kenapa indra penciuman gue bisa sensitif sepuluh kali lipat.


dan setelah gue pulang dari RS gue bilang ke nyokap "aku janji rajin minum obat dan minum jamu apapun bentuknya, yang penting aku sembuh dan nggak sakit kayak kemaren lagi. aku takut banget. rasanya nyakitin banget" untungnya nyokap gue pengertian nggak ngasih gue jamu super aneh, tapi cuma rutin minum temulawak sama susu kambing doang. tapi meskipun gue di suruh minum jamu aneh dan se nggak enak apapun gue mau usaha kok. asalkan gue sembuh, biar nyokap nggak nangis-nangis lagi. karna gue bener-bener nggak tega liat ortu gue kelabakan bingung banget gara-gara gue alergi sampe banting-banting badan di kasur RS berhari-hari gara-gara kesakitan tanpa makan sedikitpun. cuma di infus doang.

gue kadang suka heran sama orang yang sakit parah tapi nggak mau usaha minum obat aneh-aneh, ato ikhtiar ke dokter dengan maksimal. kalo soal dana, gue mungkin bisa sedikit maklum, dan bisa minjem. tapi alasannya simpel banget. nggak suka minum jamu ato obat  

pernah ada sodara gue yang sakit nggak tau gue namanya apaan, pokoknya katanya sodara yang lain ada kutil di tititnya. dia nggak pernah periksa ke dokter. karna dia parno takut di kebiri. padahal dia sakit dari jaman gue belum sakit, dan sampe' gue hampir sembuh dia masih mau aja kesiksa sama sakitnya. dia cuma jamu herbal doang sama ke dukun-dukun gitu. padahal kata orang-orang tititnya sampe' bengkak dan bernanah. bayangin sendiri deh sakitnya kayak gimana kalo lagi kambuh dan mau kencing.

ada lagi pasien yang kebetulan duduk bersebelahan sama gue. dia sakit TB juga, dan nanya-nanya ke gue minum jamu apa? tipsnya biar cepet sehat dan gemuk apa? pas gue kasih tahu kalo minum jamu temulawak sama susu kambing etawa dia jawab "iihhh aku nggak suka jamu dan susu" eeeennggg....!!!! gue langsung senyum doang kemudian diem. tapi ati gue bilang "gue juga nggak suka jamu, dan susu kambing rasanya agak aneh, tapi gue mau maksa minum biar gue sembuh dan orang rumah nggak panik lagi, karna gue tahu nggak akan seumur hidup gue ada di posisi kayak gini"

katanya nyokap temulawak itu bisa bikin liver cepet sembuh. dan nafsu makan bisa nambah. jadi bagus buat di minum. makanya gue nurut aja. padahal kadang mungkin karna mulut gue udah eneg sama rasa temulawak gue mual juga pas minum. tapi gue selalu sugesti di ati dengan bilang "harus bisa di minum, biar bisa sembuh, kamu bayangin aja itu susu yang anget dan manisnya pas" 

sampe sekarang gue juga masih minum jamu. tapi bedanya kalo dulu nyokap yang buatin, kalo sekarang gue bikin sendiri.karna gue nggak mau ngerepotin nyokap terlalu banyak. sebenernya bisa sih gue beli jamu yang langsung jadi di apotek, tapi gue selalu muntah kalo minum jamu yang begituan. karna serbuknya itu gatel di tenggorokan. dan nyokap gue selalu parno sama bunyi batuk-batukan gegara gue batuk darah kemaren. rasanya kayak minum tepung di larutin di air. dan rasanya nggak seseger bikinan sendiri
jamu aselik buatan gue :P




ada beberapa orang yang nggak suka sama temulawak karna nanti abis ngupas, biasanya ada warna kuning yang tertinggal di tangan, katanya malu kalo di liat orang, karna tangannya ada bekasnya. gue sih nggak pernah pusing sama warna yang nempel di tangan. gue malah bangga karna itu tandanya gue nggak sok cantik gaya nggak mau ribet dan gue mandiri :D

buat yang risih sama bekas warnanya di tangan gue ada tips ni...
biasanya setelah gue selese bikin jamu, gue biasanya bersihin tangan pake aceton (pembersih kutek). acetonnya taruh di kapas, terus gosok-gosokin pakek kapas. pakek masker ya kalo nggak tahan sama baunya yang sedikit tajam. terus kalo udah tangannya di cuci pakek sabun. terserah sabun apaan, sabun muka juga nggak papa. di jamin bersih dan ilang nggak berbekas deh itu warnanya :) 






udah segitu dulu cerita dan tips gue, semoga bermanfaat :)


6 comments:

  1. Banyak makan makanan yang bergizi mab, syafakillah ya.

    ReplyDelete
  2. Oh jadi ini namanya temulawak ? kok kayak keripik gurih gitu ya ? -___-
    Semoga Allah memberikan kesembuhan untuk kamu yes ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aammiinn, bisa juga buat keripik, kalo kamu mau tinggal di goreng :D

      Delete

Silahkan memberi komentar apapun. Asalkan dengan bahasa yang baik dan sopan. Terima Kasih sudah mampir. Besok mampir lagi ya..!! :)