Saturday, April 12, 2014

RIP Muhamad Abdul Hayi

Standard
sumber



Selamat Sore. 
Nanti malam minggu ya? Yang jomblo udah siapin kasur empuk kan buat hibernasi? #Ehh

Kalian inget nggak sepupu gue yang sakit dan pernah gue ceritakan tempo hari? Yang belum tau klik disini. Hari kamis malam kemarin dia di nyatakan meninggal. :((

Gue kaget banget. Nggak ada yang nyangka dia bakalan pergi secepat itu. Jadi gini tante (gue manggilnya mak, karna gue orang jawa) waktu itu nemenin Hayi (Alm) di kamar sambil bacain surat Yassin. Nah Hayi waktu itu tidur. Sebelum meninggal mak nggak ngerasa apa-apa. Soalnya emang nggak ada keanehan yang terjadi layaknya orang meninggal (Naza'). Pas mak abis baca Yasiin untuk ketiga kalinya, dia mulai ngerasa nggak enak, terus tangannya hayi di pegangin sama mak. Dan kata mak waktu itu badannya emang masih anget, jadi dia ngelanjutin lagi baca Yassin untuk ke-empat kalinya. Nah pas baca Yassin itu dia udah ngerasa kalo hayi udah nggak nafas, dadanya di pegang udah nggak gerak. Dan dari situlah mak sadar kalo hayi meninggal.

Adeknya bilang kalo hayi nggak bisa pindah ke tempat lain tanpa di bantuin. Tapi hari rabu itu tumben banget hayi tiba-tiba bangun dan pindah tiduran di ruang tv tanpa di bantuin siapapun. Semua keluarganya kaget sekaligus seneng, di kira udah mau sembuh. Eh ternyata besoknya meninggal.


Mak juga bilang kalo dia pernah ngomong gini ke hayi :
Mak : "Le. Kok nggak sembuh-sembuh ya le?"
Hayi : "Sabar buk, masih belum di kasih jalan sama gusti Allah. Samean sabar aja. Kalaupun nanti aku nggak di kasih sembuh, nanti aku bakalan ketemu sama do'anya sampean yang berjejer di atas sana. Kita ketemuan disana ya bu'e. (gue saat denger mak nyeritain kalimatnya hayi langsung nangis) Dia sakit tapi malah dia yang nguatin mak buat sabar. 

Gue ketemu dia tahun lalu. Sebenernya rumah kita deket banget. Jalan kaki aja nyampek. Tapi gue nggak boleh ngejenguk soalnya fisik gue sampek sekarang masih kurang fit, jadi takutnya malah tambah sakit. Dia sosok orang yang lucu. Meskipun udah gede nggak malu becanda kayak anak kecil. Pukul-pukulan, cubit-cubitan. Bahkan masih sering kejar-kejaran kalo kita debat dan nggak ada yang mau ngalah. Nggak peduli ada istrinya juga, dia tetep aja jailin gue.

Tahun lalu fisiknya gemuk banget. Dia nggak terlalu tinggi. Pipinya tembem. Tapi waktu itu dia udah rajin pakek sarung, soalnya emang udah mulai kambuh. Tapi kemaren pas gue liat jenazahnya, gue shock banget. Pipinya tirus dan dia bener-bener kurus. Gue cuma ngeliat dia sekilas ajat terus gue langsung keluar dari kamarnya. Gue nggak tega banget liat tubuh ringkihnya abis di gerogotin penyakit.

Waktu pemakaman. Mata gue nggak pernah lepas dari jenazahnya dia. Gue pandangin lekat-lekat tubuhnya yang udah di balut kafan. Gue kehilangan sosok orang yang ceria dan nggak jaim kayak dia. Otak gue tiba-tiba muter semua kenangan waktu kita masih kecil, ketika dia boncengin gue naik sepeda di kebun dan gue pulang dengan jari-jari kaki yang berlumuran darah gegara dia hobi kebut-kebutan sampe beberapa kali kaki gue kegesek tanah dan akar pepohonan. Gue juga inget, saat dia ngajarin gue nyolder, ngeberin sound, dan minjemin gue kaset qasidahan. Dia biasanya juga selalu manggil gue "Ehh belalang" karna postur gue yang kurus dan tinggi.

Cepet banget dia ninggalin kita semua. Sekarang cuma doa yang bisa gue kasih ke dia. Selamat jalan saudaraku tercinta. Semoga kamu bisa dapet tempat yang indah di sisi-Nya. Aammiinn :)

2 comments:

  1. Sedih tapi masih ngeledekin yang jomblo yaa.. hmmm

    Semoga sepupu kamu mendapat tempat terbaik di alam sana ya.. amiin

    ReplyDelete
  2. @Renggo Starr

    hehehe. Aku nggak ngeledek. soalnya aku juga jomblo. kan saling mengingatkan nggoo :))

    Aamiin makasih ya.

    ReplyDelete

Silahkan memberi komentar apapun. Asalkan dengan bahasa yang baik dan sopan. Terima Kasih sudah mampir. Besok mampir lagi ya..!! :)