Wednesday, March 12, 2014

The One That Got Away

Standard
Selamat pagi..!! Hari yang cerah untuk memulai aktifitas. Semoga tidak banyak yang galau. Tapi hari ini gue mau cerita cinta-cintaan lagi. Gara-gara @indrawidjaya lagi bikin #SayembaraTulangRusukSusu. Jadi ya mau nggak mau gue harus sedikit bergalau-galau ria, nginget kenangan beberapa tahun silam. Jangan bosen membaca blog gue yaa :D

Gue punya beberapa pengalaman tentang cerita tulang rusuk. Lebih tepatnya tulang rusuk susu. Tapi gue selalu bisa berhasil move on dari mereka, kecuali…. Satu orang yang belum berhasil gue lupain sepenuhnya.

Namanya Budi (nama palsu). Dia adalah pacar (lebih tepatnya mantan) gue yang paling lama. Kita pacaran selama hampir dua tahun. Dan hubungan kita di jalani secara LDR. Orangnya biasa aja, sama kayak cowok-cowok pada umumnya, nggak ganteng, tapi nggak jelek juga. Dia orangnya kreatif, biasanya dia gue paksa ngeditin foto gue biar keliatan cantik. *Upss ketauan deh kalo gue nggak cantik* -___-. Kadang dia bikin sebel, kadang bikin seneng (sering ding), kadang konyol (karna gue juga konyol sih :D) kadang bikin malu, kadang juga absurd, (emang sering absurd deh :D), sering ngangenin #Ehh *skip*.

Kita sering berbagi duit kalo lagi bokek (maklum sama-sama ngekost). Kita udah tau jelek-jeleknya dan kebiasaan buruk masing-masing. Dia kalo makan cepet banget nggak peduli dimanapun tempatnya, dan biasanya gue ngingetin dia kalo mulai kalap, karna dia nggak pernah ngunyah makanan dengan sempurna. (jangan bayangin yang berlebihan ya :D) Dia nggak suka touge kacang ijo mentah, katanya rasanya selalu bikin pusing, tapi dia suka masakan apapun yang berbau kacang ijo, dan gue rela ngalah ngasih dia porsi yang lebih banyak saat kita beli makanan yang ada kacang ijonya. Dia nggak suka selada dan daun kemangi saat kita beli lalapan di depan gang kostan, biasanya guelah yang dia paksa buat ngabisin jatah sayurnya. Dia juga tahu kalo gue nggak pernah suka makan ikan dari perut sampe keatas, jadi dia selalu ngasih gue bagian perut kebawah. Dia tau kalo gue phobia sama peniti dan kursi goyang. Dia juga tau kalo gue nggak suka jalur bus dari Malang ke Blitar, jadi kita selalu usaha naik kereta (Selain harga tiket kereta lebih murah sih:))) Kita sering kentut di depan pasangan (ini sekaligus membantah asumsi cowok yang bilang cewek nggak bisa kentut :P)  ngupil, ingus meler di depan pasangan juga udah biasa. Bahkan kalo lagi bepergian, kemudian dia ketiduran di bus ato kereta, dia selalu ngorok. (katanya sih dia nggak bisa tidur tanpa ngorok, kata temen-temennya juga gitu :D) dan masih banyak kekonyolan lain yang kita punya. 

Kita putus karna kita beda pendapat(lebih tepatnya keluarga kita), keluarga gue minta kita buat tunangan, karna mereka nganggep kita cukup lama pacaran, Cuma tunangan aja, biar makin mantep hubungannya. (namanya juga idup di desa, pacaran segitu juga udah di anggep lama dan kita juga udah di anggep dewasa :D) Nikah sih apa kata nanti. Tapi keluarga dia berpendapat lain. Mereka merasa belum saatnya kita tunangan, biarin aja pacaran dulu.

Gara-gara ada perbedaan pendapat itu, kita jadi stres. Kita jadi gampang emosi dan uring-uringan. Keluarga juga tetep kukuh mempertahankan pendapat masing-masing. Tapi bukan berarti kita nggak pernah merayu masing-masing keluarga buat nyari jalan lain. Kita udah ngerayu, sampe mulut kita berbusa dan bisa buat nyuci baju berkilo-kilo.

Gue pernah nyoba ngomong sama dia, ngajak buat bertahan. Tapi dia pengin kita putus dan mengakhiri hubungan, karna susah banget merayu orang tua kita yang sama keras. Kemudian setelah gue mundur, dia pernah ngajak gue balikan, tapi gue jawab

“Aku nggak bisa, karna masalah kita belum ada jalan keluarnya, aku cuma nggak pengin kejebak di hubungan yang nggak jelas. Kayaknya percuma kita balik, kalo kita masih belum punya solusi untuk masalah ini, sementara kita tetep kukuh mempertahankan keinginan kedua belah pihak.Tanpa menemukan jalan tengahnya.Jadi kalo balikan ya cuma berputar-putar aja.Nanti takutnya kita makin lebih sakit daripada ini” (Tuhh kan kita sama-sama ribet.)

Hari itu 11 September 2012, kita bener-bener milih putus.Hal yang nggak pernah kita inginkan.Dan nggak pernah ada di bayangan kita. Kita harus belajar menerima kenyataan bahwa kita bukanlah tulang rusuk yang pas. Padahal kita udah nyaman satu sama lain. Sampe kita pernah ngucapin kalimat “aku nggak tahu gimana jadinya kalo kita putus, aku ngerasa nggak ada orang lain lagi di depan sana selain kamu” *muter lagu kemesraan*

Yahh, namanya cinta-cintaan. Rata – rata orang yang lagi cinta –cintaan  nggak sadar kalo ada sesuatu yang di sebut kehilangan. Seperti kata bang benz bara dalam bukunya Cinta. (baca : cinta dengan titik) 

Tapi waktu itu meskipun kita putus, kita masih komunikasi, saling memberi kabar dan masih deket. Mungkin karna kita belum siap, ato mungkin kita emang nggak pernah siap sama kenyataan dan keputusan yang kita ambil sendiri. Tapi lama kelamaan kita-pun merasakan bahwa jarak mulai terasa, dan semakin hari semakin lebar.

20 Januari 2013, kita dapet kabar bahagia, kalo salah satu sahabat kita ngadain acara nikahan. Namanya Fafa, kita sama sahabat-sahabat lain janjian ketemu tanggal 27 Januari 2013. Ketika kita ketemu yang pastinya seneng banget lah. Tapi kita bersikap biasa aja saat di depan temen-temen Seolah diantara kita nggak ada apa-apa. Karna waktu itu temen-temen yang lain nggak ngerti kalo gue sama Budi udah putus. Dan kita emang milih diem.

Gue juga masih inget, ketika dia nganterin gue ke halte. Gue cuma bisa diem sambil nahan tangis, keinget nasib hubungan yang makin kayak kancut kusut. Berusaha mempergunakan waktu yang tersisa sebaik mungkin. Gue juga berharap semoga kendaraan kita nggak cepet sampai. Karna gue masih pengen berlama-lama menatap dia. Ketika kita nungguin bus dateng, kita cuma diem, Entah apa yang ada di pikiran kita masing-masing. Dan akhirnya bus tiba. Dia ngelepas gue dengan tangis yang tertahan.Gue kenal dia dengan baik. Gue hafal ekspresi yang dia keluarkan saat dia mencoba menahan sakit dan sedih. Dia berdiri mematung ngeliat bus yang gue tumpangin pergi secara perlahan. Dan itu terakhir kalinya gue ketemu sama Budi.

Entah siapa yang memulai, yang jelas kita makin lama makin jarang komunikasi, ngilang dan makin ngilang. Kita ngerasa udah nggak ada harapan dan alasan lagi buat bertahan. Udah nggak ada yang tersisa diantara kita, kecuali kenangan pahit, perasaan yang ancur dan setumpuk barang-barang yang menjadi tanda, bahwa kisah kita pernah ada.

Beberapa bulan kemudian….

Mungkin bagi sebagian orang membuang barang setelah putus cinta adalah suatu keharusan. Saat di Tanya alasannya pun rata- rata sama.

“biar cepet lupa sama dia.”
“Biar nggak kebayang dia mulu.”
“Ya iya dong, kan udah putus, jadi ya harus dibuang.”
            
Dan berbagai alasan lainnya, tapi intinya sama saja. Nggak terkecuali gue. Karna gue adalah bagian dari mereka yang pernah ngalamin putus cinta dan sakit hati.

Tapi gue masih nyimpen barang dari Budi. Barangnya sih mainstream ala orang pacaran aja. Semuanya masih gue simpen rapi selama setahun lebih. Gatau kenapa barang itu begitu lama gue pertahankan. Padahal kita udah lama pisah,entah karna sayang mau ngebuang, gue pelit, atau gue berhati terlalu lembut, jadi gue nggak tega mau ngebuang. Kadang gue ngerasa kalo barang-barang itu bisa hidup dan mereka bisa ngobrol sama gue. Setiap gue mau buang, selalu ada yang bisikin dengan bilang

“Lo yakin mau ngebuang barang dari si Budi? Lo nggak sayang ngebuang?”

Dan akhirnya gue pun nurut membatalkan niat ngebuang semua itu.Dan milih nyimpen semua barang itu di kolong tempat tidur. Pernah juga gue mikir nggak ngebuang barang itu, tapi ngasih ke orang lain. Tapi bisikan lain malah muncul

“Nanti kalo dia nggak ngerawat barang itu dengan baik gimana?Nanti kalo barangnya lusuh gimana?? Terus nanti kalo ternyata lo balikan sama dia lagi gimana? (kalimat terkahir ini seharusnya tidak pernah di ucapkan)”

“Gue bakalan nyari orang yang telaten buat ngejaga dan ngerawat barang-barang itu, jadi nggak mungkin barang-barang itu di telantarin.” Debat gue lagi.

Tapi lagi-lagi bisikan itu menang ngelawan gue.karna gue selalu lemah dan takut kehilangan. Bahkan gue sering mimpi dia bilang

“barangnya jangan kamu buang ato kamu kasihin ke siapa-siapa ya ren!”

Entah kenapa dia hobi banget dateng di mimpi gue dan ngucapin kalimat yang sama secara berulang-ulang (nggak bosen ya emangnya?), dan yang jelas, ketika gue mikirin hal itu, gue selalu keinget kalimat yang pernah dia ucapin dulu saat dia berkunjung kerumah gue

“Kaosku taruh sini aja ya? Nanti kalo aku balik kesini biar gampang”

Setelah beberapa kali gue gagal, gue milih curhat ke sahabat gue Ani.

“Ani (nama disamarkan) aku mau buang barang dari Budi kok berat banget ya? Padahal udah lama pisah.”

“Mungkin karna kamu masih sayang sama dia?Ato antara kamu sama barang-barang itu udah terjalin semacam ikatan batin, jadi kamu nggak tega buat ngebuang barang-barang itu” jawab Ani dengan cengengesan.

“Dulu barang-barang dari mantan  kamu apain An? “Tanya gue dengan keponya.

“Gue kebetulan jarang di kasih barang sama pacar, jadi nggak ribet ngebuang.”

Karna jawaban Ani yang  kurang memuaskan akhirnya gue tanya Susi (Nama disamarkan juga).

“Sus, biasanya kalo kamu putus, barang-barang dari mantan kamu kemanain?” sms gue ke Susi.

“Gue bakar, gue kasih ke orang, gue buang”.Jawab Susi singkat.

Setelah dari Susi, gue akhirnya milih menghubungi Budi. Entah apa yang gue harapkan. Gue telpon dan gue basa basi nanyain kabar, (mungkin percakapan ini akan terlihat absurd bagi reader)

“kabarnya si babi gimana?, gue kangen nih” Tanya gue.

“baik kok, ada di almari, gue simpen rapi, kalo si sapi gimana?”

“Owhh sapi, baik juga kok, aku bungkus terus aku taruh di kardus sama barang-barang yang lain” jawab gue datar.
Terus gue lanjutin bilang “kenapa nggak lo buang, ato lo kasih ke orang-orang aja sih?”Tanya gue dengan penuh penasaran.

“Eemmmm..biarin aja dah, gue nggak mau ngebuang semua barang-barang dari kamu”

Gue denger dia bilang gitu makin lemes aja. (dalam hati : yeye lalala yeye lalalala wahh jangan-jangan dia masih sayang sama gue)

“yaudah, itu hak lo sih” jawab gue singkat.

“Lo sendiri kenapa masih nyimpen semua barang-barang itu?”Tanya dia.

“eehh ituu,, anuu..  gue … “ nyengir bingung

“Kenapa? Nggak tega ya?” Goda dia.

“Emmmm iya gue bingung, gue gatau harus ngapain barang-barang itu, gue ngerasa sayang sama barang-barang itu, setiap mau gue buang, selalu nggak tega” Jawab gue singkat.

Hal yang membingungkan gue sampai saat ini adalah, kenapa nggak dia buang aja. Karna dengan dia nyimpen barang itu, gue merasa lagi di gantungin sama dia, di ati gue jadi tumbuh harapan bahwa dia suatu saat bakalan balik sama gue. seberapa rajinnya gue memangkas harapan itu, tapi kalo keinget barang yang masih dia simpen, rasanya kayak ada yang mupuk harapan itu, kemudian harapannya tumbuh lebih cepet dan lebih liar lagi di hati gue.

Tapi gue nggak pernah kapok buat nyoba. Biasanya setelah gue di mimpiin dia, yang ngingetin gue buat nggak ngebuang barang-barang itu. Gue milih mengurungkan niat dan menunda keinginan itu, Tapi beberapa bulan yang akan datang gue pasti nyoba lagi #TetepUsaha

Tapi di saat-saat tertentu gue ngerasa kalo perlakuan gue nyimpen barang-barang dia akan jadi bom waktu buat diri gue sendiri. Karna dengan masih menyimpan barang-barang dari dia, itu tandanya luka dan kehilangan di hati gue belum sembuh secara sempurna.Dan hati kecil gue masih memelihara harapan buat menunggu dia ngajakin balik.

Mungkin orang lain yang ngelihat gue pasti akan mikir “kok sepertinya berlebihan banget” Jangankan orang lain, gue aja kadang suka heran, kenapa gue kayak gini. Kita mungkin bisa aja bohong ketika di tanya orang lain. Bahkan kita bisa juga bohong saat si mantan nanya langsung ke kita.Alasannya bohong kenapa? Ya cuma kita yang tahu pastinya.Siapa juga yang bisa ngukur dalamnya ati manusia, kalo bukan Tuhan dan orangnya sendiri.

Kondisi susah move on gue makin di perparah karna orang-orang terdekat gue, keluarga, sodara, tetangga, selalu nanyain dia. Mereka kayaknya juga belum bisa move on. Mereka selalu nanyain dan mbahas Budi. Dan gue. Gue harus menghargai pertanyaan mereka dengan memberikan jawaban yang di buat dengan nada sebiasa mungkin, dan setegar mungkin padahal ati gue kemropok  banget (hati gue ancur berkeping-keping).

Kadang kalo rasa kangen di ati gue muncul, gue muter soundcloudnya Dara Prayoga yang “Tentang Aku dan Kamu”. Tapi yang terjadi, gue malah sakau galau. :(

Semoga dia nggak membenci gue, dan memaafkan semua kesalahan dan keputusan gue yang mungkin dia anggep salah dan menyakiti dia di masa lalu.

Setelah Budi, gue pernah nyoba menjalin hubungan yang baru dengan beberapa orang, tapi lagi-lagi mereka cuma jadiin gue tulang rusuk susu doang, dan gue juga nggak bisa mendapatkan chemistry dan kenyaman yang bener-bener sempurna, seperti saat gue sama Budi. Akhirnya sekarang gue milih sendirian dulu, karna gue mulai merasa bosan dengan siklus Kenalan -> Naksir -> PDKT -> Jadian -> Ilfeel -> Putus -> Kenalan lagi dst. Pengennya sih Kenalan -> Naksir -> PDKT -> Jadian -> Nikah. :))

Gue nggak pengin numbuhin harapan lebih di ati gue sendiri. Karna gue takut jika suatu saat harapan itu nggak jadi kenyataan, berarti gue cuma ngelakuin hal yang sia-sia. Dan gue bakalan keliatan bodoh banget. Setiap gue berangan-angan yang mulai berlebihan, gue selalu membantahnya dan gue pangkas harapan itu biar tetep pendek (kalo bisa sih harapan gue mati sepenuhnya). Ya. Karna posisi gue adalah sebagai mantan, dan mantan gue udah sama orang lain.

Seperti yang pernah Ani bilang ke gue “Konsekuensi suatu hubungan adalah, sekali kita ngelepas seseorang buat pergi, maka belum tentu bisa didapetin lagi”. gue percaya itu. Kesempatannya cuma tinggal 25% mungkin :D

Sendirian itu bukanlah sesuatu yang menakutkan. Karna tanpa kekasih pun kita masih punya keluarga, sahabat, teman. Lagian buat apa punya pacar tapi bentar –bentar putus, nggak bisa ngerasa nyaman, malah nyiksa perasaan mulu. Ya mending jomblo aja dulu. Suatu kesia-sian aja menitipkan hati kepada orang yang salah. Ujungnya di tinggalin. Bugatti aja tetep keren walaupun sendirian, ngapain gandengan kayak truk tapi dekil. Selama-lamanya truk gandengan, akhirnya ntar di copot juga gandengannya :P

Sekarang dia udah sama orang yang baru. Sepertinya bisa buat dia lebih bahagia ketimbang sama gue. Gue.? Gue nyari kebahagian dengan cara yang lain, dengan sesuatu yang lain. Bahagia bukan cuma dateng dari satu sisi doang kan?

Ada hal penting yang gue dapet dari mereka para pencari tulang rusuk susu. Walaupun mereka singgah cuma sebentar dan sementara. Tapi ketika mereka pergi, mereka selalu ninggalin pelajaran yang berharga buat kita. Entah sekecil apapun itu pasti ada gunanya buat kita. Dan satu hal lagi..Mungkin aja seseorang yang pernah jadiin lo tulang rusuk susu, suatu saat kembali lagi tapi dengan versi yang beda, yaitu tulang rusuk yang sejati. Yang hanya copot ketika nanti lo udah mati. Nggak pernah ada yang tahu jodoh kan?

In another life
I would be your girl
We’d  keep all our  promises
be“us" against the world
In another life
I would make you stay
So I don’t have to say
You were the one that got away
The one that got away




6 comments:

  1. "jika memang dirimulah tulang rusukku, kau akan kembali pada tubuh ini, ku akan tua dan mati dalam pelukmu, untuk mu seluruh nafas ini" eh kok malah nyanyi sih gue, lanjutin dong liriknya, yuk kita nyanyi duet wkwk

    seperti lagunya last child ft gissele tersebut. tulang rusuk kita yang sejati atau yang bisa disebut jodoh kita suatu saat pasti dateng kok melengkapi tulan rusuk kita yang tidak sempurna. jika ada seseorang yang perggi meninggalkan kita, percaya aja kalo jika dia tulang rusuk kita yang sejati, pasti suatu saat dia kembali lagi. memang jodoh sudah ditangan Tuhan kok. dan jodoh ga akan kemana hehe

    btw blog nya udah aku follow nih, follow back ya biar nambah temen :) dan siapa tau kita bisa nyanyi duet beneran wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gue percaya kok, gue kan selalu optimis orangnya :))
      tenkyu yaa, gue tadi nyoba folback tapi nggak bisa2, ntar ya gue coba lagi :)

      Delete
  2. sepertinya gue kenal deh latar fotonya.. itu di kawasan Ijen, Malang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu jalan besar ijen depan perpustakaan. gue dulu tinggal di malang, kampus kita tetanggaan kok gus :D

      Delete
    2. Dulu saya juga sering lewat sana mba' Reny :)

      Delete
    3. dulu ya mas, aku juga udah dulu, sekarang nggak lagi. tapi setidaknya pandaan - malang lebih deket daripada jember - malang. jadi kalo kangen jalan besar ijen nggak jauh-jauh bangetlah yaa :D

      Delete

Silahkan memberi komentar apapun. Asalkan dengan bahasa yang baik dan sopan. Terima Kasih sudah mampir. Besok mampir lagi ya..!! :)