Wednesday, April 2, 2014

Tipe Orang di TPS

Standard
Hallo reader..!!
Udah bulan April nih. Bentar lagi pemilu. Udah ada gambaran buat milih partai apa dan siapa presiden Indonesia selanjutnya?

Karna gue nggak ngerti politik, dan gue nggak suka ngompol (ngomong politik) jadi gue mau ngebahas tipe-tipe orang yang bisa kalian temui saat di TPS (Tempat Pemungutan Suara)

Cekidot..!!!

1. Orang Yang Rajin Bertanya 

Kalian bakalan mudah banget nemui orang dengan tipe seperti ini. Apalagi kalo dia dateng ke TPS rombongan sama tetangganya. Pasti dia bakalan banyak tanya. Mulai dari yang ada hubungannya sama pemilu, sampe yang nggak nyambung sama pemilu. Misalnya :

"Kamu nanti nyoblos siapa?"
"Eh. Caranya gimana ini? Aku nggak tau urutannya dateng ke TPS terus di sana aku harus ngapain dulu?"
"Syaratnya udah bener kan?"
"Toiletnya nanti di TPS bersih nggak ya?"
"Kamu tadi belanja di abang sayur ngutang berapa?"
"Hargacabe sekarang naik ya?"

Cara ngadepin orang kayak gini adalah. Senyum simpul dan cukup jawab dengan kata "Iya" ato "Tidak" Biar kalian nggak emosi dan moodnya buat nyoblos tetap stabil. 

Mood juga berpengaruh loh. bayangin aja kalo kalian lagi nggak mood terus dateng ke TPS, bisa-bisa semuanya kalian coblosin, gara-gara nggak mood.

2. Tipe Orang Yang Matre

Tipe kayak gini di tahun 2014 masih banyak loh. Jadi dia bakalan nyoblos caleg ato partai yang ngasih duit yang paling banyak. Gue juga sering nemu orang kayak gini di daerah rumah gue. Ketika gue nanya 

"Yuukk. Cakk. Ngko samean nyoblos sopo?" (Mbak. Mas. Nanti kamu nyoblos siapa?)

Jawabannya "Pokoke seng nyangoni paling akeh yo tak coblos" (Pokoknya yang ngasih duit paling banyak ya tak coblos)

Aargghh..!!! Gue gedeg banget sama orang yang kayak gini. Dia nggak nyadar kalo gara-gara orang kayak dia, Indonesia nggak maju-maju. Korupsi di Indonesia nggak abis-abis. Rakyat Indonesia tetep banyak yang susah, dan gue nggak dapet-dapet jodoh.

Bayangin deh. Kalo satu RT ada 10 orang kayak gitu. Satu RW jadi berapa? Satu kampung jadi berapa ratus orang? Satu kota udah jadi berapa puluh ribu orang? Lhah kalo satu Indonesia? Itung sendiri yakk?? Gue nggak suka itung-itungan.

Jangan sampe cuma gara-gara duit 50 rebu doang, kita menderita 5 tahun. Jangan sampek deh. Tapi kalo kalian di kasih duit jangan di tolak juga. Ambil aja, kan mayan buat beli jajan. Tapi ntar nyoblosnya pilih yang menurut kalian paling tepat buat di jadikan pemimpin. Rakyat Indonesia kan udah banyak yang pinter. Tapi yang kayak Yuk sama Cak tadi juga masih banyak sih, makanya kita juga harus perangin orang bermental kayak mereka. Oke???

3. Tipe Gossip dan Ibu-Ibu Menor

Padahal di TPS nggak sampe lima menit. Dandannya 4 Jam. Pakek bulu mata berlapis-lapis. Shading idung 1 jam. Lipstikan 30 menit. Bedakan 2 jam. pilih baju 1 jam.

Terus dateng ke TPS ngegossip dulu sama temen-temen arisan. Biasanya topiknya juga nggak jauh-jauh dari partai dan calegnya.  Misalnya :

"Eh..!! Tau nggak jeng. Si Anu itu poligami loh. Jangan pilih dia ya. Nanti suami kita bisa-bisa di wajibkan poligami."

"Jangan pilih Pak Anu juga. Soalnya dia kerjanya nggak becus. Liat aja desa Anu di pimpin sama dia, nggak ada perubahannya samasekali"

"Mending pilih Pak Anu aja. Katanya nanti kalo dia jadi pemimpin, rakyatnya mau di ajak liburan keluar negeri sama artis, kan mayan bisa jalan-jalan kesana." 

4. Tipe Orang yang Gampang Terpengaruh

Orang kayak gini juga sama ngeselinnya kayak tipe orang yang matre tadi. Dia gampang banget di pengaruhin omongan dari temen, ato kemakan janji-janji calegnya. Begitu ngegossip denger jagoannya di jelek-jelekin, dia langsung down. Terus merubah pilihan. 

Nyokap gue pernah nih kayak gini. Tapi dia agak absurd. Dia dateng ke TPS sama keponakan gue yang masih 2 tahun namanya kiki. Dia itu tahu nama salah satu calegnya (dan menurut gue, dia screet admirernya caleg itu soalnya kiki tiap hari nyebutin namanya). Nah saat di TPS dia di gendong sama nyokap. Dan ketika nyokap buka surat suara, si kiki teriak-teriak, 

"Amak adi......" (Ahmadi : nama salah satu calonnya) "Uti...!!!! Obos Amak Adi ae..!! "Cici obos Amak Adi utii...!!!"


jangan tertipu sama badan bongsornya.

Jadilah nyokap gue nggak konsen dan salah coblos. Padahal niat dari rumah dia nggak mau milih itu orang.Ahh. Nyokap gue terlalu lemah.

Jadi kalo kalian gampang nggak konsen kayak nyokap gue. Gue sarankan untuk pergi nyoblos sendirian. Dan jangan bawa anak kecil. Matiin handphone. Tarik nafas yang dalam. Dan kalian harus rileks. Ingat...!!!! Satu suara dari kalian sangat mempengaruhi masa depan Indonesia.

Jadi? Kalian pernah nemuin orang yang mana ketika di TPS? Ato kalian mau nambahin. Share di Comment Box ya..!!!

6 comments:

  1. kalo dulu gue pertama kali ikut pemilu waktu itu pilgub, aku jg banyak bertanya krn blm tau apa2. hehe
    trus yg aneh menurut gue di TPS itu..
    -orang2 yg sok ngatur2 padahal dia bukan petugas di TPS itu

    selamat meyambut pemilu 9 april mendatang,semoga kita gak salah pilih!

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ikut pemilu karena belum umur hehe. Tapi pernah ke TPS dan lihat orang seperti nomor 1 hehe.

    ReplyDelete
  3. Gue udah mau dua kali ikut pemilu nih. Duh, tua banget :|

    ReplyDelete
  4. Oh iya, tampilan blognya baru. Jadi seger hehe

    ReplyDelete

Silahkan memberi komentar apapun. Asalkan dengan bahasa yang baik dan sopan. Terima Kasih sudah mampir. Besok mampir lagi ya..!! :)