Saturday, March 29, 2014

I Miss You Grandma

Standard
Hari ini panas banget. Pengen tiduran di kasur lantai seharian sampe nanti sore. Tapi gue harus kerja. :((

Gue kangen banget sama nenek. Gue kebayang-bayang wajah lelahnya. Kangen saat dia lagi nembang-nembang lagu jawa kalo malem mau tidur, Kangen cerita pewayangannya, Omelan-omelannya. Kinangan kapur sirihnya. Semuanya tentang nenek gue, bener-bener gue kangenin.

Nenek gue adalah orang kuno. Dia nginang kapur sirih. Gue nggak tahu umurnya berapa, pokoknya ketika dia masih idup, dia masih punya canggah dan masih bisa beraktifitas seperti nenek-nenek pada umumnya. Fisiknya masih seger, dia masih kuat untuk pergi ke kebun, ngambilin kayu, nyabutin rumput dll. 

Ren? Orang udah tua kok masih di suruh kerja?

Dia adalah tipe nenek-nenek gaul. Dia nggak sadar diri kalo udah tua. Jadi dia selalu ngerasa muda dan kuat untuk melakukan aktifitas apapun. Semua anak dan cucunya udah nasehatin. Bahkan dokter juga udah nasehatin berkali-kali. Tapi dia ngeyel aja tetep mau pergi ke kebun. 

Dia juga paling nggak tega kalo ngeliat tanaman nggak rapi. Pokoknya setiap dia ngeliat tanaman berantakan, rumput liar, ranting pohon, dan cangkul, pengennya ngerapiin ajaaa..!!! setiap dia dateng dan nginep di rumah gue, dia juga nggak pernah kerasan, katanya kepikiran kebun di rumahnya. Pengen berkebun mulu, soalnya rumah gue nggak ada kebun yang luas. Dia biasanya ngumpulin kayu bakar dari kebunnya terus di jual dan duitnya dia tabung. Dia punya prinsip nggak mau ngerepotin anaknya. Tujuan dia nabung buat amal dan biaya sesudah dia meninggal nanti. 

Gue dulu waktu masih kecil tiap weekend selalu nginep di rumahnya. Dan ada kebiasaan yang nggak gue lupain sampe sekarang, dia selalu mijitin gue ketika gue mau tidur, terus dia nembang jawa. Gue dulu nggak ngerti artinya apaan, pokoknya gue suka aja denger dia nembang. Dia juga sering cerita tentang perjuangan bapaknya dia yang dulu perang melawan belanda.
 Dia juga punya barang-barang kuno. Salah satu yang bikin gue penasaran adalah keris yang dia gantung di tembok kamarnya. Katanya kalo kerisnya di tiup bisa bikin gigi copot. Tapi gue nggak pernah takut kalo tidur di kamar itu. Gue malah ngerasa nyaman. Nggak ngerasain hawa mistis samasekali.

Gue inget ketika beberapa minggu sebelum dia meninggal, dia nanya gini ke gue 

"Ren kamu ngapain kok beli motor? di rumah kan udah ada motor?"

Gue jawab dengan nada bercanda "buat boncengan sampean nek, ngajak sampean jalan-jalan." 

Dan besoknya ketika dia mau pulang dia minta gue anterin naik motor gue berduaan aja. Tapi gue nggak bisa. Soalnya kondisi kesehatannya nggak bagus, jadi nggak mungkin gue bonceng dia tanpa ada yang megangin di belakangnya, dan nggak mungkin juga naik matic bertiga. Akhirnya dia gue anter pulang sama babe naik motor bebek.

Beberapa hari kemudian dia gue dapet kabar yang mengejutkan. Dia meninggal di rumah, tanpa ada anak cucunya yang tahu. Nggak. Dia nggak tinggal sendirian kok. Dia tinggal sama tante gue. Dan seperti biasa orang-orang di rumah itu kalo pagi sampe sore di sawah. Dan nenek gue pada waktu itu keadaannya juga udah sehat. Dia beraktifitas seperti biasa, dia pergi ke kebun, bahkan juga sempet pergi ke rumah sodaranya (kalo nggak salah adeknya) yang kebetulan hari itu adalah 7 hariannya. Sepupu gue (masih SD) di pamitin kalo dia mau tidur, dan nanti minta di bangunin kalo udah duhur. Tapi dia malah nggak bangun-bangun sampe setengah dua. Dan ketika sepupu gue bangunin, badannya udah dingin. Jadilah dia panik sendirian di rumah.

Kepergiannya bener-bener ngagetin semua orang. Karna dia emang nggak menunjukkan tanda-tanda kalo dia mau pergi hari itu. Termasuk juga gue. Ketika gue ngeliat jenazahnya, rasanya otak gue langsung memutar kenangan beberapa hari yang lalu. Ketika gue janji ke dia mau nganterin dia jalan-jalan naik motor. Gue nyesel banget saat gue belum sempet nepatin janji dan nyenengin dia. Gue nyesel bercandain dia kayak gitu.

Sekarang cuma doa yang bisa gue kasih ke dia. Berharap dia dapet tempat yang indah di sana. Dan semoga nanti kita bisa ketemu kalo saatnya udah tiba.

Oia mama beberapa minggu yang lalu pernah bilang, kalo dia kangen sama nenek, dia minta gue cetakin foto nenek yang gede. Tapi gue lupa mulu. Maafkan anakmu yang pikun terlalu dini ini maa...!!!!


5 comments:

  1. Kalimat yang "Karna dia di temukan meninggal di rumah" kayaknya gimaaa gitu..

    Semoga nenek mendapat tempat terbaik di sisiNya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu infotaiment banget ya?? heheh udah aku ganti :D
      aammiinn semoga Allah ngasih dia tempat yang indah. terima kasih doanya :)

      Delete
  2. semoga nenek tenang disana yaa.!

    btw, nih templatenya habis ganti ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gus. jelek ya kayaknya? aku kok agak aneh rasanya.

      Delete
    2. aku lupa bilang aaammiinn untuk doanya :D

      Delete

Silahkan memberi komentar apapun. Asalkan dengan bahasa yang baik dan sopan. Terima Kasih sudah mampir. Besok mampir lagi ya..!! :)